Mengentahui Aneka Budaya dan Makanan Khas Banyumas

Berikut ini adalah beberapa budaya dari Kabupaten Banyumas yang wajib anda ketahui.

Beberapa Budaya Khas Banyumas

Banyumas merupakn alah satu daerah di kawasan jawa tengah yang mepunyai banyak sekali keaneka ragaman adat dan juga istiadat, budaya kuliner, pakaian  dan budaya ini muncul karena adanya kebiasaan dari masyarakat.

Budaya kuliner yang ada antara lain adalah mendoa, pecel, gethuk goreng. Lalu ada budaya yang berupa pakaian seperti batik banyumasan. Dan juga ada berbagai budaya lain seperti lengger, begalan, musik kenthongan serta ebeg.

Aneka Budaya Banyumas

Aneka Budaya Banyumas

Budaya Kuliner Banyumasan

Kuliner di masyarakat banyumas sangatlah beragam. Kuliner ini muncul dari resep makanan orang zaman dahulu. Makanann khas banyumas ini banyak sekali di jual di pinggir jalan dan juga digunakan sebagainoleh-oleh.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas dari banyumas:

  • Mendoan

Mendhoan adalah nama untuk tempe yang memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran tempe yang basanya.

Makanan ini terbuat dari fermentasi kedelai, yaitu tempe yang ibalutkan dengan tepung yang dicampur dengan bumbu tertentu yang lalu digoreng tidak sampai terlalu renyah, bahkan cenderung lembek.

  • Gethuk

Lah satu gethuk dari banyumas yang terkenal adalah dari sokaraja. Geyhuk ini merupakan makanan yang etrbuat dari singkong yang ditumbuk dengan campuran gula merah, setelah itu diatsnya di tambahkan dengan parutan kelapa. Atau punkalau anda menginginkan gethuk goreng,anda bisa membuatnya dengan gethuk yang di balut dengan tepung lalu tinggal di goreng sampai matang.

Seni budaya banyumasan yang brasal dari masyarakat

  • Ebeg

Ebeg meupakan tarian yang yang berkembang di wilayah banyumas. Kesenianini juga disebut dengan kuda lumping. Tarian ini menggunakan alat berupa anyaman bambu yang menyerupai kuda yang berwarna hitam dengan di beri krincingan, inilah yang disebut dengan ebeg. Penarinya akan memakai pakaian khusus.

  • Lengger atau calung

Ini merupakan tarian khas banyumas yang terdiri dari lengger atau penari dangamelan bambu atau calung. Gerakan tari ini sangatlah dinamis dan lincah, dimana ciri khasnya adalah pada geyol, gedheg, dan juga lempar saur.

  • wayang kulit gagrag Banyumasan

sebagaimana masyarakat jawa pada umunya suka menonton wayang, masayarakat banyumas juga memiliki wayang khasnya. Akan tetapi beberapa toohnya dirubah namanya. Ciri khas yang apat kita lihat yaitu dari nafas kerakyatan yang begitu kental dari dalang yang memainkannya.

  • Gendhing Banyumasan

Gendhing merupakan lagu khas banyumas yang mewarnai kesenian banyumasan. Gendhing sekarang memiliki banyak kreasi yang baru dengan memakai dialek khas banyumas. Isinya pun yaitu tentang sindiran yang sifatnya jenaka.

  • Begalan

Begalan yaitu kesenian banyumas yang akan di tampilkan saat ada acara pernikahan, yaitu saat ada rombongan pengantin pria memasuki pelataran rumah pengantin wanita.

  • Musik Kenthongan

Musik ini lahir di banyumas dangen ciri khas musik yang atraktif dan juga sangat bergairah. Setiap kelompok yang memainkannya juga memiliki kreativitas yang berbeda-beda.

Demikianlah pembahasan saya mengenai budaya banyumasan dirangkum dari situs infosoalpelajaran.com, yang didalamnya berisi tentang pembahasan edukasi, sejarah dan juga kesenian yang ada di Indonesia.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai budaya banyumas. Terima kasih telah membaca. Sampai juma lagi di lain kesempatan yang akan ada datang.